Kesiapan infrastruktut IT menuju integrasi Sistem Informasi dilakukan dengan melakukan berbagai upaya pembangunan dan pembenahan segala infrasrtruktur yang sudah ada maupun pengadaan baru. Berikut beberapa sasaran pokok dalam pembangunan infrastrktur IT selama kurun waktu 2014-2015.

 

a.    Pembangunan Ruang Data Center

Pengembangan data center pada tahun 2015 dilakukan dengan penambahan beberapa koneksi baru untuk mendukung program pengembangan aplikasi yang ada. Koneksi dengan bank untuk pelayanan pembayaran mahasiswa sudah dibangun dengan system VPN ( Virtual Private Network) antara Unissula dengan dengan Bank Jateng Syariah dan Bank BNI Syariah. Selain itu juga terdapat VPN untuk koneksi dengan Bank Muamalat sebagai dukungan terhadap system pembayaran keuangan mahasiswa melalui Virtual Account.

Selain permasalahan keuangan, juga telah dibangun koneksi baru dengan PT Telkom untuk program pemasangan Wifi ID di lingkungan kampus. Sampai saat ini sudah beroperasi 8 koneksi wifi ID di gedung FTI, FE dan FT untuk menambah akses internet bagi civitas akademika Unissula. Dan menyusul akan segera terealisasi akses Wifi ID di gedung bersama, yang saat ini sudah sampai pada penarikan core Fiber Optic.

b.    Penyiapan server untuk aplikasi dan layanan dasar IT

Untuk memenuhi kebutuhan layanan aplikasi yang dikembangkan oleh Direktorat Sistem Informasi, maka telah disediakan empat unit server baru yang meliputi 2 server untuk dukungan system keuangan melalui system Virtual Account. Satu unit server untuk aplikasi Akademik serta satu buah server yang digunakan untuk server bersama dengan system Virtualisasi. Selain itu juga telah dilakukan upgrade terhadap server-server lama dengan penambahan RAM untuk menambah kapasitas sesuai kebutuhan akses yang semakin meningkat.

c.    Microsoft Agreement

Dalam rangka menjamin lagalitas penggunaan produk Microsoft di Unissula, kita telah memiliki Microsoft campus Agreement, yang menjamin bahwa penggunaan semua produk Microsoft di Unissula oleh semua civitas akademika adalah legal. Agreement ini diperbaharui setiap tahun dan merupakan agenda rutin bagi DSI.

d.    Pengembangan Infrastruktur Dasar

Pembaharuan IP Public baru dari IDNIC sebagai organisasi pengelola IP di Indonesia. Hal ini sebagai langkah strategis dalam mendapatkan trusted yang lebih dari berbagai vendor di luar negri dalam memberikan layanan sesuai request yang diperlukan di DSI. Diantaranya adalah meningkatkan trusted terhadap layanan Domain server yang diwakili oleh CPanel yang membutuhkan IP yang terpercaya. Distribusi IP Server digunakan sampai menjangkau router di setiap gedung Fakultas.

e.    Layanan Eksternal

1. VPN

Kebutuhan akses informasi bukan hanya dapat dinikmati di lingkungan kampus. DSI juga telah membangun Virtual Private Network yang dapat digunakan untuk mendapatkan akses lebih cepat dan lebih aman dengan memanfaatkan segala resources yang tersedia di data center yang dapat diakses dari luar kampus.

2. SMS Gateway

Kecepatan penyampaian informasi bukan hanya diperhatikan melalui aplikasi web based. Unissula juga sudah memiliki SMS Gateway sendiri yang sudah terhubung dengan beberapa aplikasi yang sudah dibangun. Sehingga informasi baik internal kampus maupun hubungan dengan pihak external selain dapat melalui sarana online juga dibarengai dengan backup notifikasi lewat SMS, sehingga ketika sedang tidak online, civitas akademika akan dapat tetap mendapatkan informasi yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan. Namun dari sisi penggunaan masih belum dapat optimal.

2. Perkembangan Pengelolaan Jaringan Komputer

a. Coverage Akses public

Kesiapan infrastruktur bukan hanya terletak pada kesiapan Data Center, akan tetapi juga dari sisi end user harus dapat mengambil memanfaatkan dari pembangunan yang dibuat. Untuk itu kami menerapkan konsep network berlapis dengan membagi kampus network ke dalam segmen di setiap gedung fakultas.

Wall Mount yang kami tempatkan di setiap fakultas berisi active device untuk koneksi Fiber Optic, perangkat router untuk lalu lintas data dan core network yang mampu membedakan jalur wireline maupun wireless. Hal ini dengan tujuan untuk meminimalkan broadcast yang pada akhirnya bertujuan untuk menjamin kelancaran data antara gedung fakultas dan Data Center.

Coverage merupakan hal penting dalam mendukung program Unissula sebagai Cyber University. Budaya berinternet yang dibangun haruslah mendapat dukungan kemudahan akses informasi bagi semua pihak, baik dosen, karyawan maupun mahasiswa. Untuk itu pemberian layanan akses informasi harus dibuka seluas mungkin dan dapat menjangkau tempat sebanyak mungkin. Hal ini diwujudkan dengan meningkatkan cakupan layanan informasi di area kampus. Perlahan dan secara bertahap DSI terus menampah coverage area internet kampus. Kini hampir di setiap sudut kampus baik indoor maupun outdoor mahasiswa dapat dengan mudah mendapatkan akses internet nirkabel.

Selain peningkatan dalam jumlah access point, diikuti juga dengan penataan LAN yang lebih terencana, Perangkat-perangkat yang digunakan  sebagian besar sudah mendukung akses gigabite yang kompatible dengan laptop maupun gadged keluaran terbaru. Sedangkan perangkat-perangkat lama yang tidak lagi kompatible dengan teknologi yang ada mulai digantikan.

b. Penyediaan Bandwidth Sesuai Tingkat Pertumbuhan Kebutuhan User dan Kebutuhan System Yang Ada

Dalam kurun waktu 2014-2015 kebutuhan bandwidth di Unissula semakin meningkat. Dan saat ini DSI sedang melakukan evaluasi ulang untuk penambahan bandwidth yang rencananya akan dapat beroperasi pada Februari 2016. Untuk saat ini komposisi bandwidth yang dimiliki Unissula adalah sebagai berikut :

  • Telkom IP Transit : 60 Mbps Trafik International dan 15 Mbps Trafik Domestik,serta ditambah dengan 10 Mbps Speedy backup
  • PT Desnet : 50 Mbps Trafik International, 15 Mbps Trafik Domestik, 55 Mbps VPN Semarang – Jakarta (IDC 3D).

Sehingga total bandwidth yang dimiliki Unissula saat ini adalah 110 Mbps trafik Internasional dan 30 Mbps trafik IIX serta 10 Mbps speedy. Dengan ketersediaan jumlah bandwidth ini, setiap gedung di Unissula bisa mendapatkan alokasi bandwidth antara 10Mbps sampai dengan 25 Mbps, tergantung pada kebutuhan akses di tiap gedung.

c. Pembangunan jaringan Fiber Optic pada beberapa gedung

Dalam kurun tahun 2015 telah ditambahkan koneksi Fiber Optic di Gedung bersama. Selain itu juga penningkatan koneksi speedy yang semula menggunakan line telpon, saat ini sudah berganti menggunakan fiber optic. Selain itu juga koneksi VPN dengan bank muamalat yang difasilitasi oleh PT Telkom, menghubungkan secara langsung node bank muamalat dengan core network Unissula dengan fiber optic.

Selain virtual account, Unissula juga bekerjasama dengan BNI Syariah dan Bank Jateng Syariah untuk pembayaran mahasiswa melalui system Host to Host. Dan pada tahun 2016 kedua bank tersebuut telah memiliki jalur khusus yang dilayani oleh pihak ketiga (PT Telkom) dengan tarikan langsung kabel Fiber Optic untuk menghubungkan BNI Syariah dan Bank Jateng Syariah dengan core network Unissula

JARINGAN FIBER OPTIC UNISSULA

d.    Reconfigurasi Core Network

Dengan berbagai pertimbangan terhadap stabilitas penyediaan akses internet dan intranet yang lebih baik, maka perlu diadakan penyesuaian konfigurasi core network Unissula. Hal ini perlu untuk mendapatkan efesiensi dan akses yang optimal dari sisi user. Konfigurasi dilakukan dengan upgrade main router Unissula ke level 6 yang memberikan akses unlimited dalam pengelolaan user managemen. Diharapkan nantinya dengan lisensi yang baru ini dapat dilakukan monitoring yang lebih terarah dalam pengelolaan bandwidth Unissula. Pada tahun 2015 ini juga telah dibangun Virtual Private Network dengan kampus FE di Jl. Seroja untuk dukungan terhadap aplikasi Simpul (Presensi perkuliahan).

Selain itu telah tersedia server monitoring yang digunakan untuk memantau kinerja seluruh server yang dimiliki Unissula.

CORE NETWORK UNISSULA

  1. Pembenahan Layanan Server

Tahun 2015 telah diadakan pembenahan website Unissula dan juga beberapa portal website fakultas serta unit-unit non fakultas. Pembenahan dilakukan dengan migrasi Content Management System menggunakan WordPress. Kami melakukan berbagai evaluasi terhadap efektifitas penggunaan fasilitas portal website. Beberapa portal yang sudah tidak terpakai, seperti portal-portal seminar dan portal kegiatan kampus, kami kelompokkan.

Pada tahun 2016 telah dilakukan rekonstruksi terhadap berbagai aplikasidi Unissula dengan optimlisasi penggunaan Virtual Server untuk pengelolaan berbagai aplikasi di Unissula. Beberapa server yang sudah mulai ketinggalan telah dilakukan upgrading RAM serta penambahan kapasitas harddisk.

Berikut daftar inventaris server DSI UNISSULA