Pengelolaan Sistem Informasi Akademik

1. SIAMIK

Pada tahun Akademik 2014/2015 semua Fakultas non kesehatan sudah menggunakan SIAMIK sebagai alat untuk mengelola administrasi perkuliahan.

Sampai akhir tahun 2016 fakultas kesehatan yang meliputi Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Farmasi dan Kebidanan belum menggunakan Sistem Informasi Akademik yang sama dengan Sistem Informasi Akademik yang digunakan oleh Fakultas non kesehatan. Untuk itu perlu dibuatkan service yang dapat menjembatani SIAMIK dengan Sistem informasi akademik yang digunakan oleh Fakultas kesehatan.

Berikutnya, Sistem Informasi Akademik telah disetujui pihak Universitas untuk dikembangkan oleh pihak pengembang dari Sevima Surabaya, dengan cakupan lebih luas, mulai dari penerimaan mahasiswa baru, administrasi akademik, administrasi keuangan akademik, wisuda dan pelaporan akademik ke PD-DIKTI.

2. Feeder

Feeder dibuat sebagai web service yang menghubungkan antara SIAMIK dengan Forlap DIKTI agar pengiriman pelaporan data tidak dilakukan secara manual. Feeder ini diletakkan pada server miliki Unissula dengan rancangan database yang disesuaikan dengan database pada pelaporan Forlap DIKTI. Admin dapat memperbaiki datanya di feeder sebelum dilakukan sinkronisasi dengan Forlap. Tahun 2016 Dikti telah menerapkan sistem pelaporan melalui Feeder PD-DIKTI versi 2.0, sehingga feeder Unissula yang dikembangkan pun ikut menyesuaikan kriteria yang diberikan di feeder 2.0

3. SIMPUL (Sistem Informasi Perkuliahan)

Sistem informasi perkuliahan (SIMPUL) ini adalah sistem presensi sidik jari bagi mahasiswa dan dosen selama melakukan perkuliahan. Dengan adanya sistem ini, maka tidak ada lagi presensi perkuliahan dengan kertas.  Sistem ini diharapkan mampu mengurangi prosentase  absensi baik dosen maupun mahasiswa. Sistem ini mempunyai fitur antara lain, dapat memberikan laporan jumlah kehadiran mahasiswa dan dosen, dapat memberikan laporan mahasiswa atau dosen yang tidak dapat melakukan ujian karena syarat jumlah pertemuan yang tidak dipenuhi.

Simpul sudah diimplementasikan pada Fakultas Teknologi Industri 13 titik mesin presensisejak semester Gasal tahun akademik 2015-2016 dan Fakultas Ekonomi dengan 37 titik mesin presensi termasuk di Seroja sejak semester Genap 2015/2016.

4. e-KPI (Sistem Informasi Key Performance Indicator)

Aplikasi e-KPI dibangun untuk mendukung pengisian pengukuran kinerja pegawai Unissula melalui Key Performance Indicator (KPI) yang akan segera diberlakukan. Aplikasi ini dibuat terintegrasi dengan sistem Paperless Office (PLO) yang telah ada.Dan pada akhir 2016, sistem ini sudah diimplementasikan untuk menilai kinerja dosen seluruh Unissula. Sistem ini juga terintegrasi dengan Annual Performance Appraiseal Report (APAR) bagi seluruh Dosen.

5. Virtual Account

Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung (YBWSA) telah menetapkan Bank Muamalat Indonesia sebagai pelaksana sistem pembayaran mahasiswa melalui akun virtual (Virtual Account/VA), dimana mahasiswa dapat membayar tagihan pembayaran perkuliahan melalui bank atau ATM mana pun di seluruh Indonesia.