395220_2540664517037_1321723195_nSebelum menjelaskan bagaimana tips terhubung dengan internet melalui area hotspot  di lingkungan Fakultas Teknologi Industri (FTI) UNISSULA, akan dijelaskan beberapa istilah terkait teknologi koneksi internet nirkabel ini, seperti “hotspot” dan Wi-Fi.

Hotspot adalah istilah bagi sebuah area dimana orang bisa mengakses internet dengan menggunakan laptop atau PDA yang memiliki fitur Wi-Fi (Wireless Fidelity). Adapun Wi-Fi atau Wireless Fidelity secara teknis didefinisikan sebagai sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks – WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Standar terbaru dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.16 g yang saat ini sedang dalam penyusunan. Spesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak peningkatan, mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya. Teknologi Wi-Fi ditujukan untuk penggunaan perangkat nirkabel dan Jaringan Area Lokal (LAN), namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet tanpa kabel melalui sebuah titik akses (accesspoint atau dikenal dengan hotspot) terdekat.

Wi-Fi dirancang berdasarkan spesifikasi IEEE 802.11. Sekarang ini ada empat variasi dari 802.11, yaitu: 802.11a, 802.11b, 802.11g, 802.11n. jika Access Point (AP) yang digunakan adalah 802.11b dan Wireless Card di laptop/notebook kita hanya mendukung 802.11a/b otomatis kita tidak bisa mengakses internet alias hardware tidak support hardware. Jika ingin terkoneksi dengan bermacam tipe Wi-Fi maka hardware yang kita punya harus yang support dengan semua kategori di atas.

 

Tips Connect Hotspot: 

Agar bisa terhubung dengan hotspot area yang ada di gedung FTI UNISSULA, berikut adalah tipsnya. Pastikan Anda berada dalam jangkauan hotspot yang dimaksud, klik simbol Wireless di laptop Anda lalu masukkan Username dan Password. Jika masih belum bisa connect, kemungkinan Anda belum terdaftar di server hotspot. Jika Anda adalah mahasiswa, pegawai, atau dosen UNISSULA, silakan hubungi BSI (Biro Sistem Informasi) untuk melaporkan permasalahan tersebut.

Kapasitas bandwidth internet di FTI yang di-share dari pusat adalah 5 Mbps dan itu sudah sangat cukup untuk satu fakultas. Adapun jangkauannya hanya bisa maksimal di dalam gedung hingga halaman depan FTI. Jika ada keluhan tentang internet lambat, sebenarnya ada banyak hal yang mempengaruhi di luar dari alokasi bandwidth yang di-share. Misalnya; Card Wireless Anda yg belum mendukung Gigabyte, terlalu banyak aplikasi terinstal di notebook Anda yang kemungkinan crash, virus, terlalu banyak pengguna yang mengakses di satu Acces Point, atau user berada terlalu jauh dari jangkauan hotspot. Penting untuk diketahui, untuk Username dan Password hotspot hanya dapat digunakan oleh satu perangkat saja, misalnya jika sudah login dengan
menggunakan notebook maka tidak bisa login lagi menggunakan perangkat
lain sebelum logout dari notebook tersebut.

Tips Aman Ber-hotspot:

  1. Gunakan software Firewall bawaan Windows; caranya: dari menu Windows > Control Panel à Windows Firewall à Turn Windows Firewall on or off à trun on Windows Firewall. maupun software firewall dari pihak ketiga yang banyak tersedia.
  2. Jangan sekali-kali mengaktifkan file sharing folder laptop Anda jika Anda terhubung dengan jaringan publik, sebab memungkinkan orang lain bisa mengakses folder yang Anda sharing.
  3. Matikan juga sharing printer Laptop Anda.
  4. Selalu mengaktifkan anti virus dengan update definisi terbaru.
  5. Jangan berikan username dan password Anda kepada orang lain.

Artikel ini adalah hasil wawancara dengan Didik Kristiana (Ka.Sub.Bag. Network Operation & Maintenance BSI UNISSULA) pada 19-02-2013. (DRH)