Power BankApakah Anda termasuk orang yang sering melakukan travelling; bepergian jauh, bahkan sampai ke tempat-tempat ekstrim seperti hutan, pegunungan, atau ke tengah lautan sekalipun? Banyak alasan orang melakukan perjalanan yang jauh dan lama, bisa jadi karena tuntutan kerja, sekadar hobi berpetualang, atau memang ada suatu keperluan yang mendesak. Jika demikian, Anda perlu menambah ke dalam daftar bawaan Anda; sebuah Power Bank.

Power Bank adalah sebuah teknologi charger yang berfungsi sebagai penyimpan energi yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai handphone Anda ketika low-bat, sangat berguna jika Anda sama sekali tidak menemukan terminal listrik PLN (untuk mengisi baterai HP dengan cara biasa). Power Bank memang dibuat khusus bagi para pebisnis, orang-orang lapangan, dan yang sering melakukan perjalanan. Power Bank dapat nenyimpan energi dalam jumlah yang sangat banyak sehingga mampu digunakan 3-8 kali pengisian, tentunya tergantung pada kapasitas dan kualitasnya. Setelah energi dalam Power Bank ini habis untuk mengisi baterai Anda, tentu saja ia juga harus diisi kembali selama 8 jam seperti cara biasa mengisi baterai HP melalui terminal listrik PLN.

Bentuk dan ukuran Power Bank cukup kecil sehingga sangat mudah untuk diselipkan di antara barang bawaan Anda, atau sekadar dimasukkan ke dalam saku jacket atau celana Anda. Power Bank bisa dipakai untuk semua perangkat mobile yang menggunakan baterai lithium rechargeable (isi ulang). Tidak hanya bisa untuk men-charge baterai HP, tetapi juga gadget lain, seperti Blackberry, iPad/iPhone/iPod, kamera digital, Mp3 player, dan gadget lain tergantung kesesuaian jenis colokan kelengkapan Power Bank. Maka sebelum Anda membelinya, pastikan kelengkapan colokannya sesuai dengan aneka gadget yang Anda punya.

Power Bank memiliki kapasitas mulai 1600mAh, 1800mAh, 2600mAh, 3000mAh, 5200mAh, 5600mAh, 5800mAh, 6000mAh, 8000mAh, hingga 9000mAh, dan banyak perusahaan yang menciptakannya dengan berbagai merk. Pilihlah Power Bank yang mempunyai kapasitas di atas kapasitas baterai gadget/perangkat Anda. Misalnya baterai Blackbery Anda berkapasitas 1150mAh, maka secara teori Power Bank yang mempunyai kapasitas 1500mAh atau lebih, bisa mengisi baterai sampai penuh. Adapun Power Bank berkapasitas kurang dari itu, bisa melakukan pengisian, tetapi tidak bisa penuh. Perhatikan juga tegangan output dari Power Bank karena hal ini biasa diabaikan oleh user. Power Bank harus mempunyai tegangan output yang cukup untuk melakukan pengisian.Tegangan yang diperlukan untuk mengisi baterai gadget kebanyakan adalah 5V DC. Jadi, idealnya sebuah Power Bank harus mempunyai tegangan yang diperlukan sebesar 5V DC. Tetapi, banyak Power Bank yang hanya mempunyai tegangan output di bawah itu. Sebab, kenyataannya pada saat pengisian—karena berbagai hal—pasti ada daya yang hilang (lost power). Semakin baik kualitas Power Bank maka dapat mengurang ifaktor lost power-nya.

Contoh:
Power Bank mempunyai kapasitas 2000mAh dan tegangan output hanya 3,7V. Kapasitas efektif dari Power Bank ini adalah:
2000 x (3,7/5) = 1480mAh

Dengan lost power 15%, kapasitas efektifnya hanya:
1480 – 15% = 1258mAh

Dari contoh di atas, jika sebuah baterai 1000mAh dalam keadaan kosong diisi (kondisi perangkat padam) sampai penuh, hanya akan menyisakan daya Power Bank sebesar 258mAh saja. Artinya, Power Bank tidak bisa dipakai untuk dua kali pengisian sampai penuh.

Satu tips yang paling ampuh sebelum Anda memutuskan untuk membeli Power Bank adalah banyak – banyaklah browsing tentang Power Bank di internet, yaitu tentang merk dan tipe Power Bank terbaik juga perusahaan pembuatnya apakah ahli di bidang battery atau tidak. Sayangi gadget Anda dan pilihlah Power Bank dari kualitasnya bukan dari harganya yang murah, lebih baik membayar sedikit uang untuk kualitas Power Bank yang bagus daripada gadget Anda yang nilainya jutaan menjadi taruhannya.

(Berbagai sumber: Internet)