Pengembangan Sistem Informasi Manajemen di UNISSULA mulai tahun 2015 menitikberatkan pada penggunaan Sistem Informasi Akademik secara menyeluruh pada seluruh fakultas. Dengan penggunaan yang menyeluruh diharapkan pelaksanaan proses perkuliahan dan administrasinya dapat berjalan dengan lancar.  Sistem Informasi Akademik yang digunakan kali ini merupakan versi terbaru Sistem Informasi Akademik yang pernah digunakan di Unissula.

Sistem Informasi Akademik (Siakad) ini menjadi penting karena menjadi acuan pengisian dan pengambilan data dari pangkalan data dosen dan mahasiswa beserta aktivitasnya, serta aplikasi lain yang memerlukan data dosen dan mahasiswa. Selain itu Siakad yang merupakan bagian dari Sistem Informasi Manajemen (SIM) secara keseluruhan  ini juga terintegrasi dengan aplikasi SIMPUL (Sistem Presensi Perkuliahan), dan EDOM (Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa) yang pada tahun ini baru diaplikasikan di Fakultas Teknologi Industri dan Fakultas Ekonomi.

Selain Siakad, yang menjadi perhatian utama bidang pengembangan Sistem Informasi Manajemen adalah pengembangan beberapa aplikasi sebagai penunjang aktivitas proses kegiatan belajar mengajar. Aplikasi – aplikasi tersebut antara lain e-KPI yaitu aplikasi yang dibangun untuk mendukung pengisian pengukuran kinerja pegawai Unissula melalui Key Performance Indicator (KPI) yang akan segera diberlakukan, Virtual Account bagi mahasiswa sebagai media pembayaran uang kuliah, dan aplikasi Feeder sebagai web service yang menjembatani antara SIM dengan Forlap DIKTI.