Biro Sistem Informasi (BSI) berdiri sejak tahun 2010 lalu. Pada awalnya BSI merupakan reorganisasi dari BAAKSI yang telah lebih lama menangani sistem informatika yang ada di Unissula. Seiring dengan visi Unissula yang baru yakni menjadi World Class Islamic Cyber University, maka BAAKSI tak lagi dipandang sesuai dengan tujuan tersebut.

Maka dibentuklah Biro Sistem Informasi yang berfungsi mengelola sistem online di Unissula, sehingga diharapkan dapat mengantarkan Unissula menjadi Cyber University. Tugas BSI adalah memberikan pelayanan kepada seluruh bagian yang ada didalam Unissula. Layanan yang diberikan oleh BSI meliputi:

  • Memberikan pengelolaan infrastruktur Cyber Learning, Cyber Library, Cyber Office, Cyber Akademik
  • Menyiapkan aplikasi pengembangan Cyber Akademik, Cyber SDI, Cyber Finance
  • Memberikan pelayanan atas segala aspek yang terkait dengan database Unissula
  • Melakukan penyesuaian bagi unit-unit terkait

Untuk memenuhi pelayanan tersebut, BSI memiliki tiga departemen antara lain Cyber Services, Cyber Database dan Cyber Asset Management. Cyber Services merupakan bagian frontline BSI. Cyber Services bertugas sebagai penghubung langsung dengan setiap user yang ada. Layanan serta keluhan akan ditampung oleh bagian ini untuk kemudian diteruskan pada bagian BSI lainnya. Selain itu Cyber Srvices juga membawahi Unissula TV serta web Unissula. Unissula TV merupakan sebuah terobosan baru dalam dunia penyiaran di Indonesia karena menggunakan sistem T-DMB atau Terrestrial Digital Multimedia Broadcasting. Unissula TV telah diluncurkan sejak bulan desember lalu dan pengembangan kontennya terus berlanjut hingga saat ini. Sedangkan Cyber Database merupakan bagian pengembangan program dan aplikasi yang ada pada web Unissula. Dan Cyber Asset Management mengatur perihal infrastruktur yang ada di Unissula.

Kantor BSI ada di gedung Fakultas Teknologi Industri (FTI) lantai 2. Dan di dalamnya terdapat kurang lebih 18 karyawan dengan sebagian besar merupakan lulusan-lulusan berkualitas Unissula. Hingga saat ini BSI terus berusaha meningkatkan kualitas dan kinerja dalam rangka mengantarkan Unissula sebagai World Class Islamic Cyber University.